ganteng bayar pajakDalam banyak hal bolehlah kita terkagum-kagum dengan segala pencapaian yang telah dilalui Jepang. Namun dalam beberapa hal juga, mungkin saking pintarnya, terkadang kita memandang beberapa hal yang mereka lakukan kelewat absurd, aneh atau bahkan diluar kelaziman. Seperti misalnya ide untuk memberlakukan pajak kepada para pria tampan yang disampaikan seorang analis ekonomi kenamaan Jepang, Morinaga Takuro.

Jepang memang sedang mengalami beberapa problema terkait dengan krisis ekonomi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini, angka kelahiran mereka tergolong rendah dan populasi orang tua yang sudah tidak produktif sangatlah tinggi yang tentu saja menjadi beban tersendiri bagi negara. Makanya untuk mengatasi ketiga hal tersebut, Takuro mengeluarkan ide aneh: memberlakukan pajak tinggi kepada orang tampan Jepang.

ganteng bayar pajak2Pemberlakuan pajak tersebut dimaksudkan untuk mendongkrak pendapatan pajak negeri tersebut. Untuk menggenjotnya, salah satunya dengan memberlakukan pajak bagi orang-orang tampan dan sekaligus mengurangi proporsi pajak bagi mereka yang kurang atau tidak tampan. Diharapkan, dengan kebijakan tersebut para pria yang terkategori kurang tampan atau jelek bisa segera mencari perempuan untuk dinikahi dan pada akhirnya mendapatkan keturunan. Mengapa begitu? Karena pada faktanya kaum pria Jepang juga ternyata mengalami apa yang dia sebut dengan “kesenjangan cinta”. Alias, pria kurang tampan selalu kalah bersaing dengan pria tampan.

ganteng bayar pajak3Maka, menurut Takuro, bila negaranya memberlakukan pajak tersebut kesenjangan diantara pria tampan dan kurang tampan akan menyempit. Bahkan dia berani memprediksikan, jika saja pajak tersebut diberlakukan, tak lebih dari satu tahun saja perekonomian Jepang akan segera teratasi. Pajak yang dibayarkan pria tampan jumlahnya dua kali lipat dibandingkan pria jelek yang dikurangi sebesar 10-20%. Lalu bagaimana caranya untuk menentukan seseorang disebut tampan atau tidak? Akan dibentuk panel yang melakukan penilaian terhadap seorang pria apakah terkategori tampan atau jelek.

Hehe, ada-ada saja yang dilakukan Jepang ya man-teman!

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>