kakifuraiBanyak sekali bonus yang akan didapatkan ketika kita mengunjungi Jepang: alamnya yang indah, budaya masyarakatnya yang beragam, ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju pesat plus kulinernya yang bejibun. Nah, soal yang terakhir ini tak sedikit orang yang beralasan ke Jepang karena soal kulinernya. Satu diantaranya ialah tiram atau dalam bahasa setempat disebut kakifurai.

Untuk diketahui bahwa Jepang (bersamaan dengan Prancis) merupakan negara yang terbilang sukses dalam memanfaatkan tiram sebagai bahan baku kuliner andalan. Di beberapa daerah di Jepang, terkenal sebagai sentranya penghasil tiram seperti Sendai, Matsushima dan lainnya. Di Matsushima misalnya, Anda akan melihat tiram-tiram yang diikatkan pada tali yang menjuntai ke laut.

kakifurai2Dalam kebiasaan masyarakat Jepang, tiram disantap dengan dimasak terlebih dahulu maupun dimakan mentah. Bila dimakan mentah, tiram yang sudah dipanen dari laut cukup diberikan siraman air jeruk nipis. Lalu, apa itu kakifurai? Ialah tiram goreng yang tentu sudah dimasak terlebih dahulu. Eits, jangan menduga bahwa memasak kakifurai cukup dengan menyemplungkan tiramnya ke dalam minyak panas. Bisa-bisa akan terjadi ledakan yang membahayakan Anda dan sekeliling. Tiram tersebut harus dibalut terlebih dahulu dengan tepung supaya tidak menimbulkan ledakan yang membahayakan.

kakifurai3Bagaimana cara memasak kakifurai atau tiram goreng? Pertama-tama, tiram yang sudah dicuci bersih, campurkan dengan parutan lobak dan diamkan sejenak. Karena selama didiamkan tersebut segala kotoran yang menempel akan terserap oleh parutan lobak. Setelahnya, cuci lagi tiram sambil disisihkan dari parutan lobak yang melekat. Bumbui tiram dengan garam, ketumbar dan merica. Aduklah sampai rata, diamkan lebih kurang 15 menit. Lumurilah tiram dengan tepung kanji, bila ukuran tiramnya terlalu kecil gabungkanlah menjadi 2-3 tiram.

Berikutnya, lumurilah gumpalan tiram denganputih telur, lalu balutlah dengan tepung roti. Selanjutnya, gorenglah tiram dengan minyak goreng. Dan kakifuraipun sudah siap dihidangkan.

Klik Wisata Kuliner Jepang yang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>