buah kesemek jepang2

Musim gugur

Musim gugur tiba. Saatnya orang Jepang pergi ke gunung untuk mencari jamur yang memang menjadi “produk” musim gugur. Karena jamurnya terbilang langka, jangan heran kalau harganya menggila. Untuk harga salah satu jenis jamurnya, matsutake misalnya, mencapai 10 ribu yen atau satu juta rupiah. Rasa jamur ini memang uenak tenan. Paling maknyus bila disantap dengan nasi.

buah kesemek jepangLalu buah musim gugur adalah kesemek, warnanya orange dan rasanya sangat manis. Kesemek ialah buah berair, namun tidak berbedak seperti halnya kesemek yang banyak dijumpai di Indonesia. Sedangkan dari jenis ikan, yang paling banyak dijumpai ketika musim gugur ialah iwashi atau ikan sarden yang paling enak dibuat sashimi atau cukup dimasak dengan bumbu kecap.

Ikan ini memang memiliki banyak tulang dan bau amis yang sangat menyengat. Namun orang Jepang memiliki jurus tersendiri untuk memisahkan tulang ikan sarden yang banyak itu. Mereka biasa menghidangkannya dengan parutan jahe untuk menghilangkan bau amisnya. Sedangkan pada iwashi bumbu kecap, ikannya dimasak sampai bumbunya terasa sangat lembut.

Musim Dingin

ikan jepangNah, pergi ke Jepang bersamaan waktunya dengan datangnya musim dingin merupakan saat yang tepat untuk makan ikan sebanyak-banyaknya. Ikan-ikan Jepang, pada musim dingin, akan mengandung banyak lemak karena banyak menumpuk lemak di tubuhnya untuk mempertahankan dirinya dari serangan udara dingin. Dengan tumpukan lemak tersebut maka rasanya terasa sangat lezat, baik dimakan dalam keadaan mentah maupun setelah dimasak. Nah, salah satu jenis ikan musim dingin ialah sanma yang memiliki ciri bentuknya kecil, panjang dan kulitnya berwarna perak. Ikan ini paling mantap bila dimasak dengan bumbu garam saja.

Ketika dibakar, kandungan lemak di tubuhnya akan meleleh mencair memenuhi seluruh permukaan kulitnya. Selain sanma, ada juga kaki, tiram, yang juga maknyus disantap terutama ketika musim dingin. Sedangkan buah yang paling banyak ditemukan ketika datangnya musim dingin ialah stroberi.

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

 

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>