makanan musim panasMusim Panas

Musim panas berarti saatnya memanen sayuran dalam jumlah besar. Hampir seluruh jenis sayuran bisa dipanen dimasa musim panas tiba. Bila pada umumnya orang Jepang menanam sayuran di musim semi, hasilnya baru bisa dipanen ketika musim panas. Karena hal itu, para peneliti Jepang kemudian mengembangkan berbagai metode supaya hasil panen sayuran tersebut tidak hanya dinikmati pada musim panas saja.

Mereka membuat rumah kaca yang memungkinkan masa tanam sayuran menjadi lebih panjang. Sehingga kini sayuran bisa dinikmati sepanjang tahun. Adanya sayuran impor juga membantu warga Jepang dapat menikmati sayuran sepanjang tahun. Meski begitu, tetap saja sayuran yang paling banyak dinikmati pada musim panas.

Fruits and VegetablesSayuran Jepang tak berbeda jauh dengan sayuran di Indonesia. Malah dalam soal keragamannya, jelas Indonesia lebih kaya. Yang umum dijumpai di Jepang seperti sawi, brokoli, horenzo dan kubis. Sedangkan untuk lauk-pauknya, yang khas di musim panas ialah unagi atau sejenis belut. Unagi yang dihasilkan tersebut kebanyakan diperoleh dengan diternakkan. Orang Jepang punya teknik tersendiri untuk memasak unagi, yang seringkali caranya tersebut disiarkan di acara televisi. Daging unagi akan dipisahkan terlebih dahulu dari tulangnya dengan teknik yang khas. Daging yang sudah dipisahkan tersebut kemudian dipanggang dengan kecap manis dan dihidangkan dengan nasi.

makanan musim panas3Mengapa orang Jepang sangat gemar menyantap unagi? Karena mereka mempercayai bahwa unagi merupakan makanan peningkat stamina yang sangat bermanfaat ketika menghadapi panasnya cuaca Jepang. Daerah yang dikenal sebagai penghasil unagi ialah Hamamatsu. Lalu, makanan lainnya yang juga dikenal di musim panas ialah buah chery atau buah sakura. Dikenala dengan sebutan sakuranbo. Namun patut diingat bahwa tidak semua jenis sakura bisa menghasilkan buah yang dapat dimakan.

Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil sakuranbo ialah Yamagata.

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>