bungkuk jepang3Membungkuk pada pelanggan

Kalau di Indonesia ada pandangan umum bahwa pembeli/ pelanggan itu raja. Di Jepang, pelanggan dianggap dewa yang sudah selaiknya dihormati. Salah satu bentuk penghormatannya ialah dengan membungkukkan tubuh bagian atas sedalam 20 derajat.

Menunjukkan rasa terima kasih

Katakanlah Anda sedang berjalan di jalan umum Jepang, dan kemudian ada yang mempersilakan untuk melewatinya. Sudah menjadi kelazimannya kalau Anda membungkukkan kepala dangkal kepadanya sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kebaikannya tersebut. Sudah menjadi kelumrahannya juga, antar pengendara mobil saling membungkukkan kepala ketika mereka melewati pengendara yang lain sebagai bentuk kesopanan.

Membungkuk ketika melakukan pertunjukkan

bungkuk jepangBiasanya sebelum dan sesudah melakukan pertunjukkan, para seniman/ geisha Jepang membungkukkan tubuhnya di hadapan para penontonnya. Hal tersebut sebagai respons atas tepuk tangan meriah yang diberikan para penonton.

Permintaan maaf ringan

Membungkuk sedalam 10 derajat juga bisa ditunjukkan untuk melakukan permohonan maaf ringan atas hal kecil yang terjadi. Misalnya ketika ada seseorang yang menahankan pintu lift untuk Anda maka ucapkanlah kata sumimasen yang bermakna “maaf”.

Permintaan maaf biasa

bungkuk jepang2Membungkuklah sedalam 45 derajat bila bos Anda marah besar dan tahan selama lima detik. Kemudian katakanlah kepada mereka sumimasen deshita yang bermakna “aku minta maaf atas apa yang kulakukan”.

Permintaan maaf serius

Permintaan maaf serius ini dilakukan untuk menunjukkan penyesalan yang mendalam. Dilakukan dengan cara membungkukkan badan sedalam 45 derajat selama 15 sampai 20 detik. Hal tersebut misalnya terjadi pada CEO atau pejabat teras perusahaan ketika melaunching suatu produk yang cacat dan terpaksa harus ditarik dari pasaran.

Permintaan maaf karena panik

Membungkukkan badan sedalam 45 derajat juga bisa dilakukan ketika seorang pelayan menumpahkan kopi panas di pangkuan pembeli kafenya. Biasanya mereka melakukannya secara berulang kali untuk menunjukkan penyesalan mendalam sambil mengucapkan moushiwake gozaimasen (artinya: aku sangat menyesal).

Permintaan maaf super serius

Permintaan maaf jenis ini biasanya dilakukan oleh para penjahat yang telah membunuh atau memperkosa korbannya. Biasanya mereka akan melakukannya dengan cara berlutut di hadapan keluarga korban.

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>