itako

Apa pertanda ketika seorang itako sedang kerasukan? Terlihat tasbihnya terguncang-guncang dan mulutnya nyeracau bernyanyi nyanyian yang mendirikan bulu kuduk. Sangat kuat aroma mistisnya. Uniknya, konon si roh tersebut akan mengucapkan terima kasih kepada itako tersebut karena telah mengundangnya masuk ke dalam tubuhnya. Si roh pun mendoakan kebaikan dan kerahmatan hidup menaungi si itako.

itako2Ketika itako mengalami kerasukan biasanya mereka mengklaim bahwa ia tidak menyadarinya. Segala apa yang dilakukannya—ketika mengalami kerasukan—merupakan perbuatan si roh. Ia dikendalikan oleh roh yang merangsek masuk ke tubuhnya. Itako mengakui bahwa ketika ia kerasukan, rasanya seperti berada didalam genggaman kekuatan dahsyat, pun mereka bisa menonton wujud mereka sendiri.

Proses masukanya roh halus ke dalam tubuh itako biasanya berlangsung sekitar 10 menit. Ketika sudah berada di dalam mediumnya, roh akan menyampaikan pesan yang beragam. Seperti misalnya, “saya telah menyesal karena meninggal duluan sebelum orang tua saya, tapi saya senang Anda telah datang kesini. Saya baik-baik saja, dan saya juga berharap Anda dalam kondisi sama”. Beda lagi dengan seorang itako pria yang bernama Miki Fuji. Ia mengakui bahwa arwah yang masuk ke dalam tubuhnya menyampaikan pesan “saya telah beristirahat dengan damai pada sebuah tempat dengan kakek. Ibumu mungkin akan sakit pada bulan Desember dan ini dapat berkembang menjadi penumonia bila tidak berhati-hati. Tetapi penyakit itu tidak akan berkembang menjadi serius bila diambil tindakan sedini mungkin”.

itako3Merasa penasaran, para dokter di Jepang kemudian berinisiatif mengadakan penelitian berkaitan dengan apakah proses masuknya arwah ke tubuh itako memiliki efek penyembuhan atau tidak. Hasilnyapun cukup mengejutkan: sekitar 80 persen dari orang yang pernah mengambil bagian dalam proses Kuchiyose tersebut mengakui memiliki efek yang menguntungkan. 30 persen lainnya mengatakan mereka merasa sembuh mentalnya dan 27 persennya mengatakan merasakan kedamaian dan ketenangan jiwa setelah berdialog dengan para roh lewat itako. Maka, menurut para dokter tersebut berhasil menyimpulkan: mereka yang pernah mengikuti kuchiyose ternyata berpengaruh positif dalam hal memberikan rasa nyaman dan dorongan hidup yang kuat.

Penasaran untuk mengikuti Kuchiyose tersebut?

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>