ekiben

Sudah pernahkah Anda menjajal kenikmatan ekiben? Kalau ke Jepang jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi ekiben, penganan khas Jepang yang sangat populer di kalangan masyarakat lokal. Orang Jepang biasanya menikmati ekiben seraya berperjalanan menggunakan kereta api (shinkanesen). Bahkan tak sedikit, diantara mereka yang sengaja bepergian menggunakan shinkansen hanya untuk ekiben.

ekiben3 Sudah lumrahnya, ekiben dinikmati didalam shinkansen dengan perjalanan minimal 1 jam. Semua stasiun shinkansen sudah dilengkapi dengan toko ekiben. Tentang ekiben tersebut, setidaknya dibahas sekali seminggu dalam acara-acara tv. Sungguh informasi tentang ekiben ini begitu digelorakan di Jepang.

Eh, rupanya tiap-tiap daerah memiliki ekiben khasnya masing-masing. Seperti ekiben Maronouchi yang terdapat di toko ekiben stasiun Tokyo yang sangat populer sampai ke seantero negeri. Mungkin Anda belum mengetahui bahwa ada ratusan penggemar ekiben yang secara berkala bepergian ke seluruh negeri untuk mencari dan kemudian menuliskan temuan ekiben ke dalam blog mereka. Ekiben Maronouchi ini termasuk pernah diulas oleh para blogger penggemar ekiben. Nama ekiben Maronouchi tersebut terinspirasi dari sebuah cemilan yang pernah ada ketika pertunjukkan kabuki di Tokyo.

ekiben4Vendor ekiben di Jepang sangatlah kompetitif. Makanya tiap vendor harus menemukan cara untuk meraih pelanggan ekibennya. Beragam cara dilakukan, seperti yang dikemas oleh vendor ekiben Ikameshi bento yang dijual di Stasiun Mori Hokaido. Ekiben ini terdiri dari nasi dengan rasa tertentu yang diisikan dengan cumi. Ekiben lainnya yang lebih populer ialah karena bentuk kotaknya yang mirip dengan souvenir. Namanya Daruma Bento yang dikemas dalam kotak plastik. Dibuat dalam bentuk boneka tradisional Jepang yang menggambarkan sosok pendeta Budha.

Berapa harga ekiben? Cenderung murah yakni harganya antara 700 sampai 1.500 yen saja. Kalaupun ada (dan itu jarang) ekiben berharga 3000 yen.

Klik Wisata Kuliner Jepang yang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>