damkar jepangJepang merupakan negara yang sangat akrab dengan berbagai bencana alam: tsunami, topan, banjir, dan kebakaran. Namun mereka sangat tanggap terhadap pelbagai bencana yang mengancam keberlangsungan kehidupannya. Termasuk halnya dengan kebakaran yang mana sudah sejak zaman dulu dibentuk unit pemadam kebakaran profesional. Unit tersebut tentu saja semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Unit pemadam kebakaran Jepang bahkan sudah dibentuk sejak tahun 1641, ketika itu tepat setelah terjadinya peristiwa kebakaran besar Oke-machi. Namun unit pemadam mereka dianggap berkembang pada masa Shogun Abarenbou Tokugawa Yoshimune yang secara tetulis mengeluarkan aturan/ hukum pembentukan unit machibikeshi.

damkar jepang2Dari sejak dikeluarkannya aturan tersebut, personil dan unit-unit pemadam kebakaran baru terus bertambah. Setiap kotanya bahkan menciptakan tim pemadam kebakarannya sendiri dengan area tanggungjawab yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang. Bukan hanya itu, mereka juga memiliki seragam pemadam yang unik dan bendera yang tak kalah menariknya. Benderanya dikenal dengan sebutan Matoi. Walaupun disebut bendera, namun Matoi memiliki perbedaan tersendiri dengan bendera. Matoi merupakan objek tiga dimensi yang sangat rumit dan dibuat menggunakan kertas, kulit, katu dan jalinan jerami.

damkar jepang3Unit pemadam kebakaran juga dibentuk dengan dilengkapi lampu suar. Dalam kerjanya, biasanya petugas pemadam kebakaran akan berjalan dengan cepat sambil membawa Matoi untuk membuat jalan (bila dikerumuni banyak orang). Sudah lumrahnya, dalam bencana kebakaran selalu banyak orang yang melihat. Bila Anda ingin melihat tim pemadam kebakaran maka berkunjunglah ke Jepang pada awal tahun. Biasanya akan ada atraksi kelompok pemadam kebakatan tradisional pada Parade Brigade Pemadam Kebakatan Tahun Baru Jepang yang digelar di Odaiba, 6 Januari.

Penasaran?

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>