pemakaman jarumKita boleh terpana dengan segala kemajuan teknologi yang sudah digapai Jepang. Namun dalam beberapa hal juga kita semakin kagum dengan kebiasaan masyarakat mereka yang begitu menjunjung tinggi humanisme dan memperlakukan benda-benda laiknya makhluk hidup. Contohnya saja ada festival yang secara khusus untuk memakamkan jarum yang sudah dipakai.

Berbeda dengan di Indonesia yang mana ketika jarum sudah tak terpakai, akan dibuang begitu saja. Di Jepang, jarum-jarum yang sudah digunakan dan tidak akan dipakai lagi akan didoakan dan dimakamkan dalam sebuah festival yang biasanya dilakukan setahun sekali. Nama festival tersebut Hari Kuyo atau disebut juga Broken-Needle Ceremony.

pemakaman jarum2Waktu pelaksanaan upacaranya juga sudah ditentukan yakni tanggal 8 Februari. Siapa saja yang diperbolehkan berkunjung dalam festival tersebut? Pada dasarnya, siapa saja diperbolehkan melihat perayaan festival. Yang paling banyak ialah dari kalangan perempuan karena memang merekalah yang paling banyak menggunakan jarum. Biasanya para perempuan itu akan datang ke perayaan festival dengan menggunakan kimono. Ritus tersebut sendiri bertujuan untuk mengenang dan mengenang jasa jarum yang telah banyak membantu manusia dalam urusan jahit menjahit.

pemakaman jarum3Biasanya Hari Kuyo dilangsungkan di kuil dan merupakan acara yang sangat sakral. Ritus tersebut sendiri sudah dilangsungkan selama ratusan tahun. Dalam ritus tersebut, para wanita diharuskan menancapkan jarum pada tahu. Mengapa tahu? Karena makanan yang satu ini disimbolkan kelembutan dan kesucian. Mereka menganggap bahwa tahu merupakan media peristirahatan terakhir jarum-jarum yang sudah “mati”.

Namun, patut disayangkan karena ternyata generasi muda Jepang sudah tak lagi banyak yang melaksanakan festival ini. Adapun diantara mereka yang hadir merupakan wanita paruh baya yang kebanyakan berprofesi sebagai pembuat kimono. So, ketika Anda berjalan-jalan ke Jepang pada bulan Februari jangan sampai ketinggalan untuk melihat festival ini.

Klik Even Tahunan di Jepang yang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>