wisata gempaJepang dikenal sebagai pusatnya gempa dan tsunami. Tak heran sebagian besar publik Jepang telah terbiasa dengan fenomena alam tersebut. Bahkan yang paling unik, para turis pun—kalau mau—bisa ikut merasakan dahsyatnya goncangan gempa yang kerap dirasakan warga Jepang. Bila Anda juga penasaran ingin merasakan bagaimana kuatnya gempa di Jepang, kunjungilah Tokyo Earthquake Simulation Centre.

Simulasi tersebut berada di lantai empat sebuah gedung pemadam kebakaran Ikebukuro Bosai-kan. Disinilah tempat bagi para turis dan petugas untuk belajar menangani ketika gempa besar dan tsunami datang. Tokyo Earthquake ini memiliki sebuah ruangan simulasi gempa yang kekuatannya mencapai 6,2 skala richter. Kekuatan gempa tersebut bisa sampai merobohkan dinding rumah dan memporak-porandakan seisi rumah.

wisata gempa2Bagaimana gambaran ruang simulasinya? Menyerupai rumah dengan segala perabotannya. Ada ruang tamu, kamar dan dapur. Begitu gempa simulasi dimulai, maka suara bergemuruh terdengar sangat kencang, tembok-tembok mulai hancur, lantainya bergetar kuat, buku-buku di rak juga mulai berjatuhan. Bila sudah begitu, Anda harus segera berlindung ke bawah meja supaya tidak terpelanting atau terkena runtuhan bangunan. Kondisi tersebut hanyalah berlangsung selama dua menit saja, namun begitu bagi para turis yang belum pengalaman bisa membuat mereka lemas dan pucat.

 

wisata gempa3Di Tokyo Earthquake Simulation Centre juga tidak hanya bagaimana caranya menyelamatkan diri sendiri, namun juga diajarkan bagaimana menyelamatkan orang lain (paling tidak orang-orang di lingkungan terdekat). Dalam simulasi itu juga diajarkan bagaimana mematikan listrik, kompor gas yang masih menyala, mematikan lampu, dan diajarkan supaya sigap mengambil bantal untuk melindungi kepala.

 

wisata gempa4Yang menarik, pusat simulasi itu juga memiliki labirin asap dan terowongan untuk melatih masyarakat supaya bisa keluar dari kepungan asap secara tenang. Sebagai pelengkap, Tokyo Earthquake ini juga memiliki dokumentasi gempa-gempa yang pernah terjadi untuk semakin membuat masyarakat Jepang aware terhadap bencana alam dahsyat yang kerap kali mengincar keselamatan jiwa, raga dan materi mereka.

Untuk Anda yang ingin mencoba, silakan langsung datang kesini yang buka setiap hari (kecuali Selasa) dan tiketnya pun gratis.

Klik Objek Wisata Tokyo lainnya.

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>