suwa aichi

Dalam setahunnya, Jepang memiliki banyak sekali perayaan. Tak mengherankan karena warga Jepang sangat patuh terhadap segala adat dan tradisi peninggalan nenek moyangnya. Festival Kuil Suwa Aichi merupakan salah satu festival cukup populer di Jepang yang ditandai dengan lentera raksasa.

suwa aichi2

Festival tersebut berlangsung di Kota Nishio, Aichi Isshiki-cho. Ketika pelaksanaannya festival ini bukan hanya menyedot perhatian warga lokal melainkan juga kalangan wisatawan yang ternyata juga sangat tertarik. Ketika festival berlangsung nampak suasana begitu meriah. Lilin sepanjang 1 meter diletakkan pada lentera besar tersebut.

suwa aichi3Lentera raksasa tersebut dibuat dengan 12 jaring berdiameter bermacam-macam mulai dari 3,6 meter sampai yang terbesar diameter 12 meter. Tinggi lenteranya mencapai 7 meter. Terbayang betapa besarnya lentera yang dibuat! Kemudian pada batang tubuh lenter tersebut dilukiskan tokoh-tokoh penting dalam sejarah Jepang dan tokoh-tokoh mitologi dengan penggambaran warna cerah, eye-catching sehingga mampu menarik perhatian penonton. Rupanya festival ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu, dimana kala itu digunakan sebagai cara untuk mengusir umima atau topan yang biasanya menyerang daderah tersebut.

 

suwa aichi4Serangan topan tersebut mampu memporak-porandakan berbagai bangunan yang ada. Sehingga untuk menghentikan amukan topan tersebut dilakukanlah festival ini. seiring dengan perjalanan sang waktu, masyarakat mengadakan festival ini lebih kepada sebagai sarana hiburan dan rekreasi para wisatawan. Bahkan diantara mereka saling bersaing untuk membuat lentera raksasa yang menarik perhatian kalangan wisatawan dengan warna-warni yang mencolok. Perayaan tersebut semakin dimeriahkan dengan pengunjung yang menggunakan pakaian tradisional Jepang, yukata.

Klik Even Tahunan di Jepang yang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>