chagu chagu umakkoSangat menarik menyaksikan Chagu Chagu Umakko, sebuah festival kuda tradisional yang sudah berlangsung ratusan tahun. Festival kuda ini dilaksanakan di Prefektur Iwate, di sebelah timur laut Jepang, dengan maksud untuk memeriahkan datangnya musim panas pada 9 Juni. Mengapa Chagu Chagu? Ternyata disematkan berdasarkan sebuah lonceng yang dikalungkan pada leher kuda-kuda tersebut.

Chagu Chagu Umakko sendiri merupakan festival sebagai pertanda memberikan penghargaan kepada kuda-kuda yang dianggap banyak jasanya terutama dalam membantu menanamkan bibit padi. Festival ini melengkapi banyak festival lainnya yang secara rutin dilaksanakan di Jepang. Menarik dan apresiatif!

"Chagu-Chagu Umako", Ring-ring horses parade festivalChagu Chagu Umakko dilangsungkan dengan melibatkan banyak kuda-kuda. Festival ini melibatkan setidaknya 90-an kuda yang berjalan meninggalkan Kuil Onikushisozen di Desa Takizawa. Rombongan kuda tersebut meninggalkan kuil pada Sabtu pagi untuk berparade sejauh 13 km menuju ke Kuil Morioka Hachimangu di Morioka. Perjalanan belasan kilometer tersebut biasanya ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 4 jam. Kuda-kuda yang ikut dalam festival tersebut dihias berwarna-warni sehingga menyerupai kuda-kuda bangsawan di zaman Edo. Mungkin kalau di Indonesia seperti kuda-kuda zaman kerajaan.

"Chagu-Chagu Umako", Ring-ring horses parade festivalDisamping kuda-kuda yang berhias sedemikian rupa, Chagu Chagu Umakko juga semakin dimeriahkan dengan kehadiran anak-anak yang mengenakan kostum seperti ksatria berkuda. Nampak orang-orang dewasa berjalan disampingnya. Parade ini melewati sawah-sawah dan jalan yang dipenuhi oleh para penonton. Iring-iringan kuda diabadikan dengan jepretan para fotografer amatir. Warga setempat yang meskipun sudah berulang kali melihat festival tersebut namun selalu saja terpukau ketika pada Februari mereka melihatnya lagi dan lagi.

So, amazing!

Klik Even Tahunan di Jepang yang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>