pasar nishikiSelain sebagai sumbernya perkembangan teknologi, Jepang juga ternyata sumbernya jajanan yang memanjakan dan mengenyangkan perut. Nah di Jepang sendiri ada dua pasar, yakni Pasar Tsukiji yang lebih dikenal sebagai pasar ikan segar. Disinilah berbagai macam ikan ditemukan. Dari sinilah ikan-ikan segar dipotong dan didistribusikan ke banyak tempat di Jepang. Di sini juga ada banyak gerai sushi.

Disamping Tsukiji, pasar lainnya ialah Nishiki yang lebih dikenal sebagai sumbernya makanan lezat ala Jepang. Karena lokasinya ada di Kyoto, oleh penduduk setempat dikenal juga sebagai dapurnya Kyoto. Disini terdapat sekitar 140an gerai makanan yang berdampingan satu dengan lainnya. Gerai-gerai tersebut berdampingan didalam sebuah gang yang panjangnya sekitar 400 meter.

pasar nishiki2Tahukah Anda bahwa gerai-gerai tersebut sudah ada sejak ratusan tahun lalu yang mana telah diwariskan dari satu generasi ke generasi. Yang paling tua, gerai ini ada yang sudah berdiri sejak abad ke-13. Makanya jangan heran kalau Anda menemukan gerai yang dikelola oleh generasi ke-13 atau 14. Tentu saja semakin masuk ke dalam kawasan pasar, hidung Anda akan makin dimanjakan oleh wewangian makanan bercitarasa sedap dan lezat. Hampir seluruh makanan otentik khas Jepang bisa ditemukan disini. Beberapa diantaranya seperti aneka olahan seafood, mie, senbei, jajanan tradisional, jus buah, sushi dan pelbagai makanan penutup.

pasar nishiki3Pasar Nishiki ini merupakan surga bagi para pecinta kuliner khas Jepang ataupun traveller yang membawa bekal dana terbatas, karena harga penganan yang dijual disini sangat murah. Tips, karena memang terlalu banyak gerai, jangan sampai Anda terlalu banyak memilih. Pilih salah satu dulu, kemudian lahaplah. Begitu Anda berada di depan gerai maka sontak si penjaga akan mengatakan “irrashaimase!” atau “selamat datang” dengan sangat ramahnya. Bila tak bisa bicara bahasa Jepang, cukup kembangkan saja bibir tanda senyum. Merekapun sudah sangat mafhum.

Klik Objek Wisata Kyoto yang lainnya.

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>