kesalahan naik keretaSistem transportasi Jepang sangat mengandalkan kereta api. Masyarakat disana rupanya lebih memilih menggunakan sarana transportasi massal ketimbang kendaraan pribadi karena memang infrastruktur dan fasilitasnya sudah sangat lengkap. Namun bukan berarti naik kereta bisa menyelesaikan segala hal. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali ke Jepang, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut supaya tidak gelagapan ketika menaik kereta api.

Bila ketinggalan kereta terakhir

kesalahan naik kereta2Jam kerja kereta api di Indonesia dan di Jepang kurang lebih sama. Maksimal kereta api akan beroperasi sampai jam 12 malam saja. Nah, bagaimana bila Anda ketinggalan kereta terakhir? Jangan khawatir karena tingkat kriminalitas di Tokyo sangat rendah mendekati nol. Bila jarak losmen, hotel atau rumah yang Anda inapi berjarak cukup jauh sebaiknya menunggu saja sampai pagi di warung kopi atau warnet. Jangan paksakan menggunakan taksi karena bayarnya sangat mahal. Mendingan browsing internet yang sangat mengejutkan karena justru harganya cukup murah. andapun bisa begadang sampai pagi.

Bila membawa banyak barang

kesalahan naik kereta3Mahasiswa, pejaabat yang ditugaskan negara atau petinggi perusahaan yang diberikan tugas untuk mengelola kantor cabang perusahaannya di Negeri Sakura biasanya membawa barang-barang bawaan yang cukup banyak. Lagi-lagi jangan menggunakan jasa taksi untuk mengantar karena akan membuat kantong jebol terutama ketika jam-jam sibuk. Anda bisa mempertimbangakn untuk menggunakan jasa pengiriman yang bisa diakses di bandara tempat Anda mendarat. Barang-barang bawaan tersebut akan sampai keesokan harinya. Sedangkan Andapun bisa melenggang kangkung dari bandara ke penginapan.

Jangan bicara di telepon

kesalahan naik kereta4Perhatikan, bila sedang dalam perjalanan menggunakan kereta api jangan sampai sambil menelepon. Mengapa? Orang Jepang mengaggapnya sebagai tindakan kasar. Bila sangat penting, tak ada salahnya memilih mengirimkan pesan pendek.

Antri di jalur khusus wanita

Jangan sampai ikut mengantri di jalur yang khusus untuk wanita. Biasanya stasiun-stasiun di Jepang di pagi hari disediakan antrian khusus pembelian tiket bagi wanita. Nah, Anda yang cowok sebaiknya tidak sampai salah ikut mengantri karena akan sangat memalukan.

Itulah beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum melangkahkan kaki ke Jepang.

Klik Objek Wisata Tokyo lainnya.

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>