shakaden reiyukai

Peranan kuil di Jepang bukan hanya sebagai sarana ibadah agama Shinto atau Budha. Lebih dari itu, banyak peran kuil yang meluas karena memiliki desain arsitektural menawan. Seperti pada Kuil Shakaden Reiyukai yang berada di Tokyo. Kuil ini mempunyai tampilan yang berbeda daripada kuil pada umumnya. Kuil ini berwarna dominan hitam dan menyerupai kapal luar angkasa!

shakaden reiyukai2

Keberadaan kuil ini diantara gedung pencakar langit. Mereka yang berkunjung ke kuil ini tak sedikit yang menyebutnya sebagai UFO atau makhluk luar angkasa. Penyebabnya memang bentuk kuil yang menyerupai kapal luar angkasa. So, penasaran bukan dengan kuil satu ini yang sarat dengan keanehan?

shakaden reiyukai3Mari mengenalnya lebih jauh. Ternyata kuil ini sangat kental aspek filosofisnya. Reiyukai yang merupakan akhiran dari nama kuil ini merupakan salah satu ajaran Budha yang bermakna agar senantiasa manusia berbuat baik kepada manusia lainnya. Caranya dengan saling membantu dan bergotong royong. Reiyukai juga menitikberatkan supaya penganutnya mau belajar dari pengalaman dan memperdalam ilmu pengetahuan. Kuil ini sudah ada sejak tahun 1975. Arsitekturalnya yang menarik membuat banyak turis yang memotret bangunan tersebut dengan lensa kameranya.

shakaden reiyukai4Kuil ini memiliki balai pertemuan berukuran besar yang digunakan sebagai tempat untuk bersosialisasi para penganut filosofi Reiyukai, ruang konferensi, toko buku, kafetari, pusat kesehatan dan tempat pembibitan. Kuil ini tidak eksklusif karena biasanya masyarakat setempat juga datang kesini untuk belajar dan mengikuti kelas kaligrafi. Bagaimana dengan para turis? Merekapun diberikan kesempatan untuk melihat dan mengeksplorasi berbagai ruangan didalamnya. Tempat yang biasanya didatangi para turis ialah plaza yang merupakan balai pertunjukkan untuk pergelaran festival, pertunjukkan budaya dan konser. Tempat tersebut mampu menampung sampai 1000 orang.

Penasaran?

Klik Objek Wisata Tokyo lainnya.

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>