momiji manjuSeperti halnya di Indonesia, tiap-tiap daerah di Jepang juga memiliki cemilan lokalnya. Seperti contohnya di Hiroshima yang memiliki penganan khas berupa kue yang bentuknya identik seperti daun. Kue tersebut dikenal dengan sebutan momiji manju. Teksturnya sangat lembut dengan bagian dalam terasa manis. Orang Hiroshima biasanya menyantapnya dengan teh.

Kue ini bukan sebatas penganan khas Hiroshima melainkan sejarah karena sudah ada sejak 100 tahun silam. Momiji manju ini dibuat dari tepung beras, didalamnya berisikan anko atau kacang merah dan gula sebagai pemanisnya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, isi momijipun semakin inovatif mulai dari selai buah, kacang sampai keju.

momiji manju2Apa arti momiji sendiri? Dalam bahasa Jepang artinya daun mapel kering. Warna daun yang kecokelatan ketika sudah kering serupa dengan warna kue ini setelah dilakukan pemanggangan. Ketika dipegang kue ini terasa sangat lembut di tangan namun tidak mudah bubuk. Saat dipatahkan dengan tangan sekalipun, hasil potongannya tidak menjadi remah. Sementara isi kacang merahnya terasa sangat lembut dan manis. Anda harus mencobanya dipadukan dengan teh hangat sehingga terasa semakin sempurna.

Tadi momiji, sekarang makna manju ialah berasal dari mata “mantou” yang dalam bahasa Tiongkok artinya kue sejenis mochi. Ketika kata tersebut sampai di Jepang, orang lokal kemudian melafalkannya dengan “manju”.

momiji manju3Berapa harganya? Di kedai-kedai makanan, cemilan ini dijual mulai dari harga 500 sampai 1000 Yen atau sekitar Rp 55 ribu sampai Rp 110 ribu. Isinya sendiri 5 potong. Beberapa diantaranya dijual dalam kantong kertas namun bila Anda membeli dimaksudkan untuk dijadikan oleh-oleh disediakan pula kotak yang mudah dibawa. Untuk membelinya Anda dapat dengan mudah menemukan momiji manju di kedai atau minimarket di seluruh Hiroshima. Menurut penjualnya, sebaiknya penganan ini disantap maksimal seminggu setelah pembuatan karena jika lebih dari itu teksturnya menjadi tidak lumer lagi.

momiji manju4

Penasaran?

Klik Objek Wisata Hiroshima yang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>