teluk toyama jepang2Inilah anugerah alam yang menakjubkan. Lampu-lampu ajaib yang berasal dari tubuh hewan di tepi pantai, laiknya kunang-kunang, sangat mengagumkan. Cobalah tengok Teluk Toyama yang merupakan sebuah laut di pesisir utara Pulau Honshu, merupakan teluk yang sangat indah dan menjadi salah satu andalan wisata Jepang. Ketika musim dingin tiba, di sepanjang garis pantai teluk ini terdapat ilusi fatamorgana yang tak bisa ditemui di musim lainnya.

Tak hanya itu, bila malam hari tiba teluk ini akan dihiasi dengan bercak-bercak biru yang menyala, tak ubahnya bintang bertaburan. Pendaran cahaya biru tersebut berasal dari watasenia scintillans, sejenis cumi berukuran 7 sentimeter, tubuhnya bisa menghasilkan cahaya biru yang menakjubkan.

teluk toyama jepang3Didalam tubuh hewan tersebut terdapat ribuan photophores berupa organ yang dapat menghasilkan cahaya didalam kegelapan. Bioluminensi yang terdapat pada photophores berfungsi sebagai alat komunikasi dengan sesamanya. Organ tersebut sangatlah diperlukan karena habitatnya tidak tersentuh sinar matahari. Organ tersebut biasanya juga sering ditemui pada hewan-hewan laut yang hidup di perairan dalam. Hewan ini biasanya hidup di kedalaman 1200 kaki. Hewan bercahaya ini dapat muncul ke tepi pantai pada musim semi, tepatnya pada bulan Maret sampai Juni.

teluk toyama jepang4Karena kemunculan hewan tersebut menyebabkan bibir pantai ini menjadi bercahaya seperti tebaran neon berwarna biru menakjubkan. Bila Anda pergi ke Teluk Toyama pada bulan-bulan tersebut, di sepanjang pantainya akan terlihat seperti ditaburi kelereng bercahaya yang begitu menakjubkan. Sangat cantik bila dijadikan objek berfoto. Mereka datang ke tepi pantai sekalian menempatkan telur-telurnya. Saking banyaknya para turis yang datang kesini membuat banyak pemerintah setempat membangun sebuah museum yang didedikasikan untuk hewan ini.

teluk toyama jepangh

Watasenia scintillans atau cumi kunang juga ditangkap para nelayan Jepang karena selain mengeluarkan bercak biru di malam hari juga dianggap sebagai makanan terlezat. Warga lokal biasa menyantapnya tanpa dimasak dan masih utuh. Hanya ditambahkan saus khusus berwanra kuning berupa campuran miso dan cuka yang disebut dengan sumiso.

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>