desain shinkansen

Shinkansen ialah kereta api Jepang yang memiliki kecepatan tinggi. Usianya kini sudah 50 tahun dan telah melalui berbagai perkembangan. Untuk pertama kalinya kereta api shinkansen meluncur dari stasiun Tokyo. Ketika itu, sang kaisar, Hirohito memimpin langsung upacara peluncuran shinkansen pada tahun 1964.

desain shinkansen2

Momennya bersamaan dengan acara pembukaan Olimpiade Tokyo. Kereta dengan desain menarik dan supercepat tersebut meluncur dari stasiun Tokyo dengan melalui Gunung Fuji yang sangat indah. Kecepatannya mencapai 220 km/ jam. Osaka menjadi tujuan akhirnya. Waktu tempuhnya memecahkan rekor.

desain shinkansen3Shinkansen kebanggaan warga Jepang tersebut berpacu dengan waktu diatas rel yang didedikasikan untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi. Jalurnya melewati sebuah terowongan sepanjang 108 km dan lebih dari 3000-an jembatan. Ketika itu, kereta ini bukan hanya sebagai alat transportasi untuk mempublikasikan Olimpiade namun juga sebagai ajang pembuktian pembuat kereta tecepat dan tercanggih. Kereta ini juga nantinya paling intens digunakan pada rel utama kereta di Jepang.

desain shinkansen4Dan beberapa waktu lalu, kereta ini tampil dengan desain terbarunya yang revolusioner. Kereta berbentuk ular dengan panjang 16 gerbong seolah ingin menunjukkan kepada dunia kalau Jepang merupakan negara yang akrab dengan teknologi modern. Kereta tersebut berangkat melalui lajur yang sama dengan jalur 50 tahun silam, dari Tokyo ke Osaka. Kereta tersebut mampu menampung sebanyak 1.300 lebih penumpang, dan kecepatannya mencapai 270 km/ jam. Kereta ini melesat melalui lanskap pegunungan khas Jepang yang hijau dan indah. So, rasakanlah sensasi berkereta dengan kecepatan tinggi yang menembus alam Jepang.

Sangat mengagumkan!

Klik Transportasi Jepang yang lainnya!

Selamat mencoba!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>