Daikon matsuriSalah satu festival di Jepang ialah Daikon Matsuri, yang mendoakan kesehatan dan kehidupan berkah orang-orang yang mengikuti festival ini. Sama halnya dengan warga muslim, masyarakat Jepang juga menginginkan kesehatan dan kehidupan yang baik dengan cara berdoa di kuil sebagai lokus paling sakral dalam kehidupan mereka.

Matsuchimashoden ialah kuil Budha yang berada di Asakusa, Tokyo, dan menjadi tempat berlangsungnya Daikon Matsuri. Nama sebenarnya kuil ini ialah Honryuin. Pemilik kuil ini Shokannon Biddhisme. Pemandangan di sekitar kuil ini sangat indah karena didirikan diatas sebuah bukit kecil dengan dibawahnya mengalir Sungai Sumida. Andapun akan betah kalau berada disini walaupun dalam jangka lama.

Daikon matsuri2Adapun dewa yang dipuja di sini ialah Bishamonten yang dikenal sebagai salah satu dadri Tujuh Dewa Keberuntungan. Makanya kuil ini juga dianggap sebagai salah satu dari kuil Tujuh Dewa Keberuntungan itu. Disini ada sebuah taman indah dengan galeri seni yang memiliki lukisan cat air. Para pengunjung yang datang kesini tentu saja bertujuan melakukan ritual asketis untuk meminta kesehatan dan keselamatan hidup. Untuk mulai berdoa, harus terlebih dahulu disiapkan beberapa peralatan seperti daikon atau lobak Jepang dan kinchaku merupakan tas jinjing mungil yang bertali serut sebagai bagian penutupnya.

Daikon matsuri3Daikon dipercaya sebagai alat untuk menyucikan dan menjernihkan fikiran manusia. Seseorang yang memegang daikon juga dipercaya akan memiliki tubuh lebih kuat, sehat dan bugar. Maka siapapun yang membawa daikon, ia akan mendapatkan keberuntungan berupa kesehatan yang baik dan hubungan sesama manusia yang terjalin akrab. Kinchaku merupakan simbol untuk uang dan bisnis. Daikon Matsuri ini biasanya diselenggarakan tiap tahun sekali pada 7 Januari. Tujuan dari festival ini ialah untuk mendoakan kesehatan dan kehidupan orang-orang yang mengikuti festival tersebut.

Klik Even Tahunan di Jepang yang lainnya!

 

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>