Tezutsu hanabiTezutzu Hanabi merupakan bentuk perayaan kembang api yang sangat menarik sekaligus cukupn berbahaya. Hanya orang berpengalaman yang dapat melakukannya. Perayaan ini dilakukan rutin tiap tahun di seantero Jepang. Dalam perayaan ini, para master yang sudah memiliki pengalaman panjang memegang tabung bambu berukuran besar, didalamnya berisi bubuk hitam.

Api menyembur ke langit. Kemudian di bagian akhir pertunjukkan, tabung tersebut akan meledak. Banyak orang yang percaya bahwa Tezutsu merupakan bentuk komunikasi jarak jauh dengan menggunakan asap yang disebut dengan Noroshi. Dengan ditemukannya bubuk mesiu tanpa asap, maka bubuk hitamnya diganti dengan bubuk mesiu tersebut.

Tezutsu hanabi2Tezutsu Hanabi juga merupakan sarana untuk berdoa di kuil. Perayaan ini diadakan setiap tahunnya sejak 300 tahun yang lalu dan selalu menjadi bagian dari Festival Gion. Tak pelak, Tezutsu ini mampu menarik kalangan wisatawan asing terlebih dengan semburan api ke angkasa yang mencapai ketinggian 20 meter. Dalam perayaan tersebut nampak puluhan pria berlalu lalang sambil membawa tabung bambu dengan panjangnya mencapai 80 cm dan lebarnya 10 cm. Didalam tabung tersebut berisi bubuk hitam mesiu seberat lebih kurang 3 kg.

Tezutsu hanabi3Para pria itu membuat meriamnya sendiri dengan menggunakan bambu yang sudah berusia minimal 3 tahun. Tabung bambu tersebut diikat dengan lembar tatami dan anyaman jerami untuk perlindungan. Bagian bawah tabung ditutupi dengan tanah liat dan kertas. Rata-rata mereka telah memiliki keahlian untuk membuat tabung bambu tersebut yang didapatnya dari nenek moyang. Meskipun festival ini dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman namun bukan berarti tanpa risiko. Makanya para penampilnya kerap melindungi diri mereka dengan pakaian pelindung dan jaket tebal yang kesemuanya bisa menelan biaya mencapai 150 ribu yen.

Bagian kepalanya tetap tak terlindungi sehingga kalau sesuatu yang tak diinginkan terjadi akan membahayakan si penampil. Sedangkan bagian yang dianggap paling berisiko ialah ketika meriamnya meledak dengan dentuman keras.

Menarik untuk melihat Tezutsu Hanabi? Segera berkunjung ke Jepang.

Klik Even Tahunan di Jepang yang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>