Si penebang bambu

Seperti halnya di Indonesia, Jepang juga memiliki banyak cerita rakyat yang laik untuk diapresiasi. Kisah si penebang bambu merupakan cerita rakyat yang sudah ada sejak silam. Dikisahkan bahwa dulu pernah ada seorang penebang kayu. Suatu ketika ia meenmukan batang bambu yang secara misterius memancarakan cahaya begitu terang. Aneh bin ajaib, setelah di dekati ternyata disitu ada gadis mungil entah anak siapa.

Si penebang bambuSi penebang bambupun berinisiatif untuk membawa bayi kecil tersebut untuk diurus isterinya. Singkat cerita, si bayi mungil itu tumbuh menjadi gadis cantik nan jelita. Kecantikannya bahkan mampu memikat hati para bangsawan. Tercatat ada sedikitnya lima bangsawan yang berniat melamarnya.

Entah karena alasan apa, si gadis selalu memberikan syarat yang nyaris mustahil dipenuhi oleh para pelamarnya. Kisah umum ini mudah ditemui di belahan dunia manapun. Namun tentu konteksnya menyeusaikan dengan kondisi yang di lingkungannya. Kisah seperti ini memang umumnya diawali dengan kelahiran seorang anak yang ukuran tubuhnya mungil. Karakter identik dari cerita lainnya misalnya seperti yang dapat kita temukan dalam cerita Momotaro yang konon dilahirkan dari dalam buah persik.

Si penebang bambu2Kemudian Urikohime yang diceritakan muncul dari buah melon. Unsur lainnya yang bisa ditemukan dalam cerita-cerita rakyat sejenis ialah seperti perkawinan antara anak manusia dengan bidadari surgawi, serta serangkaian permintaan dari pihak perempuan yang sukar sekali dipenuhi. Cerita model ini sebenarnya tak umum dijumpai dalam konteks masyarakat Jepang yang memang kurang percaya dengan kisah “turun ke bumi kemudian kembali lagi ke bulan”. Sesungguhnya kisah Si Penebang Bambu ini merupakan cerita yang banyak bertebaran di seluruh wilayah China dan Asia Tenggara.

Namun tetap saja kisah ini sangat menarik untuk didengarkan kisahnya!

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>