Chagu chagu umako

Kuda merupakan lambang kesejatian dan keperkasaan. Orang yang memiliki kuda selalu diasosiasikan dengan ksatria. Nah, bila Anda termasuk salah seorang yang sangat menggemari kuda wajib berkunjung ke Prefektur Iwate di sebelah timur laut Jepang, khususnya pada tanggal 9 Juni. Apa pasal? Disini ada festival kuda tradisional yang sudah sejak lama berlangsung.

"Chagu-Chagu Umako", Ring-ring horses parade festival

Namanya Chagu Chagu Umako yang merupakan festival kuda tradisional yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat Jepang. Nama “Chagu Chagu” sendiri berasal dari suara lonceng yang dikalungkan pada kuda-kuda tersebut. Barangkali sedikit saja yang menyangka kalau festival ini sudah berlangsung sejak abad ke-18.

Chagu chagu umako3Festival ini diikuti oleh puluhan kuda. Diawali dengan kepergian sebuah tim dari Kuil Onikoshisozen di Desa Takizawa, pada Sabtu pagi, tim yang berjumlah 90-an kuda itu akan bersafari sejauh 13 km menuju ke arah Kuil Morioka Hachimangu di Morioka. Perjalanan sejauh 13 km tersebut akan memakan waktu sampai 4 jam. Yang unik bahwa kuda-kuda tersebut dihiasi dengan pernak-pernik yang berwarna-warni. Aksesoris tersebut menyerupai dengan pakaian dan aksesoris yang digunakan oleh bangsawan Jepang di masa Edo. Terlihat sangat mewah dan gemerlap.

"Chagu-Chagu Umako", Ring-ring horses parade festivalAnak-anak yang mengenakan kostum terlihat menunggang kuda sedangkan orang-orang dewasa berjalan disampingnya menjadi pendamping mereka. Parade tersebut melewati pesawahan dan jalanan setapak yang biasanya dipenuhi oleh lautan penonton dan fotografer lokal maupun wisatawan asing. Acara-acara tersebut sangatlah ditunggu-tunggu oleh warga lokal. Meski dilakukan secara konsisten dari tahun ke tahunnya namun mayoritas warga mengaku tidak bosan. Sebaliknya mereka sangat menunggu momen tersebut, yang mana ketika terlihat iring-iringan kuda yang menggunakan pakaian berwarna-warni pertanda musim panas akan segera tiba.

Festival yang sangat menarik, bukan?

Klik Even Tahunan di Jepang yang lainnya!

Selamat berkunjung!         

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>