Ryokan jepangBegitu juga pemandian umum tersebut seringkali digunakan sebagai tempat ideal untuk berbincang mengenai berbagai macam persoalan antar sahabat, keluarga atau kenalan. Sudah menjadi kebiasaan orang-orang Jepang untuk menggosok tubuhnya dan berendam selama mungkin didalam kolam air hangat.

Jumlah Ryokannya sendiri cukup fantastis yakni sekitar 55.000 buah. Yang terkategori sangat baik berjumlah sekitar 1.300 Ryokan dan tergabung dalam asosiasi Japan Ryokan Assosiation (coba buka www.ryokan.or.jp/english. Tarifnya sangatlah bervariasi, namun secara umum berkisar antara 12.000 Yen sampai 20.000 Yen per orangnya (sudah termasuk 2 kali makan namun tidak termasuk pajak dan tarif pelayanan.

Ryokan jepang2Bocoran saja bagi wisatawan yang memiliki anggaran super terbatas, bisa mencari penginapan yang berbudget minim tergabung dalam Japanese Inn Group (www.jpinn.com) yang secara khusus melayani para pengunjung dari luar Jepang.

Minshuku

Pemondokan lainnya yang tergolong berbudget minim ialah Minshuku. Pemondokan yang setara dengan losmen ini merupakan usaha yang dikelola oleh keluarga sehingga wajar saja bila bergabung dengan si empunya rumah. Dengan kata lain Minshuku ini merupakan kamar di rumah penduduk yang disewakan. Minshuku ini sering ditemukan di tempat-tempat wisata ramai pengunjung dan biasanya bertarif sangat murah. Minshuku ini sering disebut dengan industri rumahan yang memberikan fasilitas tambahan minim dibandingkan dengan hotel atau Ryokan. Tarif Minshuku sendiri berkisar antara 6.500 Yen sampai 8.500 Yen saja.

Akomodasi lain

Ryokan jepang3Bila buntu pilihan Anda masih bisa menginap di tempat lainnya seperti menginap di kuil Budha yang seperti masjid menerima tamu untuk sekadar menginap. Ada beberapa kuil yang menyediakan kamar tidur secara gratis namun banyak juga kuil yang mengharuskan tamunya membayar.

Selain kuil, Anda juga dapat menginap di youth hostel yang berjumlah sekitar 320 buah. Youth hostel ini bertarif sangat murah dengan tempat yang super bersih dan pelayanannya ramah. Beberapa diantara youth hostel dikelola untuk umum sedangkan yang lainnya dikelola pribadi. Namanya memang “penginapan remaja” namun sejatinya tak ada batasan umur untuk menginap disini. Asalkan punya uang 3000 Yen saja Anda sudah bisa menginap.

Ryokan jepang4

Pilih menginap dimana?

Klik Akomodasi di Jepang yang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>