Hotel bisnis jepang

Ryokan

Selain hotel-hotel ala Barat dan kelas bisnis Andapun bisa mencoba penginapan yang lebih menekankan pada aspek tradisionalitas Jepang. Ryokan atau penginapan khas Jepang merupakan alternatif berikutnya ketika Anda bertandang ke Negeri Sakura. Kamar di Ryokan biasanya merupakan kamar besar yang tidak ada sekatnya, lantainya dilapisi dengan tikar tradisional yang terbuat dari jerami.

Hotel bisnis jepang2

Tikar tersebut biasanya disebut dengan tatami. Di dalam kamar yang luas tersebut hanya ada satu perabotan yakni meja pendek. Pintunya sendiri menggunakan pintu geser yang disebut dengan shoji. Para tamu biasanya tidur di tempat yang disebut dengan futon, yang penataannya dilakukan oleh pelayan Ryokan di malam hari.

Hotel bisnis jepang3Mayoritas Ryokan sendiri memiliki pemandian umum yang biasa dipidahkan menurut jenis kelamin. Banyak Ryokan yang memiliki sumber air panas sendiri atau Ryokan yang sengaja dibangun di kawasan air panas. Tarif kamarnya sudah termasuk 2 kali makan yakni makan malam mewah yang terbuat dari bahan-bahan alami dari daerah setempat dan juga makan pagi sederhana.

Makanan Ryokan pada umumnya disajikan oleh para pelayan langsung di kamar tamu. Jadi si tamu tak perlu repot-repot ke luar kamarnya. Setelah makan malam selesai, kamar Andapun akan segera dibersihkan oleh pelayan. Para pengunjung Ryokan ini biasanya menggunakan pakaian santai berupa jubah katun bercorak biru dan putih yang sering disebut dengan yukata.

Hotel bisnis jepang4Namun begitu, ketika menginap di Ryokan ada beberapa aturan yang harus dilaksanakan seperti melepaskan sepatu di ambang pintu kamar dan hanya menggunakan sandal ketika berjalan di koridornya. Sandal tersebut akhirnya akan ditanggalkan dan tidak diperbolehkan menginjak tatami. Lalu ketika mandi di pemandian umum Jepang, urutannya dimulai dari membersihkan tubuh secara menyeluruh pada keran sebelum masuk ke dalam bak mandi. Pastikan juga untuk membilas semua busa sabun terlebih dahulu. Sedangkan bak mandi Jepang hanya digunakan untuk berendam, bukan dipakai untuk membersihkan tubuh.

Lanjut ya!

Klik Akomodasi di Jepang yang lainnya!

Tags: , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>