Shitennoji osaka4

Seperti daerah lainnya di Jepang, Osaka juga memiliki banyak kuil. Salah satu diantara yang berpengaruh ialah kuil Shitennoji atau ditulis juga Shitenno-ji. Kuil bisa dikatakan sebagai pemersatu antara pemeluk Budha dan Shinto yang menjadi dua agama mayoritas di Jepang. Pada dasarnya, kedua agama ini sekarang bisa hidup saling berdampingan diantara kedua pemeluknya dan tidak saling menegasikan. Namun siapa sangka, dulunya antara pemeluk Shinto dan Budha terjadi pertikaian yang tajam.

Shitennoji osaka

Shitennoji sendiri didirikan oleh Pangeran Shotoku yang sekarang dikanonisasi sebagai oprang suci dan dianggap Bapak Bangsa Jepang. Shotoku lahir pada 574 yang merupakan anak kedua dari Kaisar Tachibana no Toyohi dan Permaisuri Anahobe. Tanda-tanda bahwa ia akan menjadi orang besar di kemudian hari sudah sangat jelas terlihat sedari kecil. Shotoku diceritakan mampu mendengarkan pembicaraan sepuluh orang sekaligus tanpa salah sedikitpun.

Shitennoji osaka2Pun Shotoku disebut-sebut mampu memprediksi masa depan. Meskipun usianya masih belia, Shotoku sudah mahir doktrin klasik China. Di usianya yang menginjak 18 tahun ia kemudian diangkat sebagai putera mahkota yang memerintah sampai tahun 628. Posisi tersebut memungkinkan baginya untuk memperoleh kekuasaan secara de facto. Waktu itu, kekaisaran ayahnya terbagi menjadi dua kelompok yang bertikai yakni kelompok yang dipimpin oleh Sogano Umako yang mengusulkan menjadikan agama Budha sebagai dasar negara. Dan kelompok lainnya dipimpin oleh Mononobe-no moriya yang didukung Shinto tradisional Jepang.

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERAPangeran Shotoku sendiri ialah sekutu Sogano Umako karena memang sangat mendukung Budha dan secara otomatis berseberangan dengan Mononobe. Sang pangeran kemudian berdoa kepada Shitenno (Budha) dan berjanji jika doanya untuk mengalahkan Moriya dikabulkan maka ia akan membangunkan kuil untuk menghormati Shitenno. Doa sang pangeran ternyata dikabulkan. Moriya berhasil dibunuh oleh salah seorang prajurit Shotoku, sehingga secara otomatis klan Pangeran Shotoku menang. Ingat dengan janjinya, Shotokupun segera merealisasikan janjinya untuk membangun kuil yang ia berinama Shitennoji.

Kuil inipun masih ada sampai sekarang dan terjaga keaslian bangunannya. Bagi yang penasaran untuk mengunjunginya maka catat dulu alamatnya di 1-11-18 Shitennoji, Tennoji-ku, Osaka-shi.

Jam buka: 08.30 – 16.30
Biaya masuk: 300 Yen

Klik Objek Wisata Osaka lainnya.

Selamat berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>