Earthquake museum kobeKobe memiliki banyak sekali museum dan monumen peringatan. Mengingat Kobe termasuk dalam jajaran kota dengan umur tertua di Jepang, wajar saja memiliki banyak berdiri museum yang menyimpan beragam sejarah di dalamnya. Anda dapat dengan mudah menemukan museum budaya atau senei kultural sampai museum purbakala dan sake, selain museum-museum konvensional tersebut, Kobe juga memiliki satu museum yang sangat unik sekaligus menarik, dan banyak menyimpan kisah serta koleksi berharga tentunya. Museum tersebut bernama Earthquake Museum Kobe atau museum gempa bumi.

Earthquake museum kobe3Seperti yang dunia ketahui, pada tahun 1995 Jepang pernah mengalami bencana dahsyat yakni gempa bumi yang memporak-porandakan seluruh wilayah bagian Jepang termasuk Kobe. Bencana gempa besar tersebut dikenal sebagai Great Hansin Earthquake, hingga saat ini banyak masyarakat Jepang mengaku masih memendam pilu juka mengingat musibah tersebut, dan salah satu cara mereka untuk mengenang orang yang merea cintai atau harta mereka yang telah hilang dengan mendatangi Earthquake Museum Kobe yang berdiri di kawasan Meriken Park.

Earthquake museum kobe4Di dalam museum Anda kan mendapati banyak sekali koleksi benda yang dihancurkan oleh gempa. Semua kolksi terbuat dari replika 3 dimensi dan dengan ukuran sebenarnya yang ditampilkan pihak museum dengan baik dan dramatis. Semua koleksi yang berada di museum tersebut tampak nyata dan menakjubakan, seperti truk yang tengah terguling dan terhimpit jembatan layang dalam bentuk sebenarnya, mobil-mobil yang terbalik dan terhimpit reruntuhan sana sini, puig reruntuhan bangunan pencakar langit yang ambruk, fly over yang terbelah, dan  lain sebagainya.

Jepang beserta Kobe mampu bangkit dengan mudah dari keterpurukan dan kemalangan yang mendera pada saat itu, semua bagian Negara mengalami rekontruksi ulang dalam proses yang cepat dan segera pulih. Semua masyarakat Jepang seolah terpanggil jiwanya untuk bergotong royong dan segera bangkit, daan hadirnya Earthquake Museum Kobe bukanlah untuk kembali membuka kisah lama yang memilukan tetapi sebagai media pengingat bahwa Jepang pernah sehancur itu di masa lalu.

Earthquake museum kobe2

Di tepi pantai kawasan Meriken Park, ada satu wilayah yang sengaja tidak mengalami sentuhan rekontruksi sedikitpun dan dibiarkan seperti asaknya saat diterjang musibah, Anda dapat melihat pagar yang retak dan jalan yang terbelah di sana, kawasan tersebut  menjadi bagian dari rangkaian tur Earthquake Museum Kobe.

Klik Objek Wisata Kobe lainnya!

Selamat berkunjung!

Tags:

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>