Tsunoshima yamaguchi

Bagi siapapun yang gandrung keindahan alam, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi sebuah pulau yang tak terbantahkan indahnya: Tsunoshima. Pulau ini berada di laut Jepang, sebelah barat Prefektur Yamaguchi. Tsunoshima masih menjadi bagian dari kota Shimonoseki. Total luasnya mencapai 4,1 kilometer persegi dan memiliki garis pantai sepanjang 17,1 km.

Tsunoshima yamaguchi2

Pulau ini dulunya satu kesatuan dengan Pulau Honshu. Namun kemudian dipisahkan. Untuk menjangkau pulau ini, kini dapat mengaksesnya melalui sebuah jembatan panjang yang dikenal dengan Tsunoshima Brigde yang pembangunannya selesai dilakukan pada tahun 2000-an. Ketika selesai dibangun, dengan panjangnya yang membentang membuat Tsunoshima Bridge ini sebagai yang terpanjang sebelum akhirnya dikalahkan oleh Jembatan Kouri.

Tsunoshima yamaguchi3Disebelah baratnya ada mercusuar Tsunoshima yang kemudian menjadi simbol Tsunoshima sendiri. Ketika terjadi perang, kawasan ini menjadi markas tentara Kaisar Jepang yang hingga kinipun bekasnya masih dapat ditemukan. Nama Tsunoshima sendiri pertama kali muncul dalam slip kayu mokkan di masa Nara (710 – 794). Mokkan yang ditemukan tersebut bertanggal 29 Maret 746. Seiring dengan bergulirnya sang waktu pulau ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah kawasan pertanian, serta sangat mendukung eksistensi desa nelayan.

Tsunoshima yamaguchi4Di periode Edo (1603 – 1868) pulau ini menjadi bagian dari Chofu Domain namun kemudian dipindahkan ke Choshu Domain di tahun 1718. Setelah lima tahun berselang, pulau ini kemudian dipindahkan lagi ke Chofu Domain. Pulau ini terkenal dengan bahan anyaman tatami, biji wijen dan daging sapinya. Tusnoshima juga menjadi rumah bagi spesies bunga spider lily. Paska dibukanya Tusnoshima Bridge sontak kawasan ini sering dijadikan sebagai lokasi pembuatan film dan acara televisi lokal. Bahkan di tahun 2006, Tsunoshima menjadi lokasi shooting episode terakhir drama populer lokal, Hero.

Tusnoshima sendiri sangat populer sebagai kawasan untuk berkemah dan memancing. Bagi Anda yang gemar keduanya tak ada silapnya untuk mengunjungi Tusroshima ini! Bagaimana cara berkunjung kesini? Dari National Route 191 bertolak ke Yamaguchi Route 275 menuju ke Shimado kemudian berbelok menuju Yamaguchi Route 276, lalu menyeberangi Tsuroshima Bridge.

Klik Objek Wisata Yamaguchi lainnya!

Selamat berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>