Kanzeonji fukuoka

Jepang terkenal sebagai negara yang banyak kuilnya. Kuil di Jepang memiliki peranan signifikan dan sangat diagungkan masyarakat setempat. Tiap-tiap kuil memiliki ciri dan dewanya masing-masing. Diluar fungsi sebagai tempat ibadah, kuil di Jepang juga biasa difungsikan sebagai tempat rekreasi. Ibarat masjid yang indah, kuil juga—bagi pengunjung yang tidak beragama Shinto atau Budha—dapat dinikmati keindahannya arsitekturalnya.

Kanzeonji fukuoka2

Kanzeonji ialah kuil Tendai yang dibangun pada tahun 746 masehi. Kuil ini dibangun pada masa pemerintahan Dazaifu dengan tujuan untuk menghormati almarhumah ibundanya. Dazaifu sendiri menjabat semasa periode Nara dan Heian (710 – 1185). Kazeonji merupakan kuil di Pulau Kyusu yang sangat penting meskipun pada akhirnya, seiring bergulirnya waktu, kuil ini mengalami penurunan pengaruh.

Kanzeonji fukuoka3Ketika waktu semakin bergerak, kuil inipun selain semakin kehilangan pengaruh, pun kehilangan banyak bangunan dari waktu ke waktunya. Bukan hanya bangunan utamanya, gerbang dan pagoda juga banyak yang ambruk. Sedangkan beberapa bangunan yang masih kokoh hingga kini seperti ruang utama, ruang kuliah dan menara lonceng. Untuk ruang utama dan ruang kuliah/ ceramahnya dibangun kembali pada abad ke-17 sedangkan menara loncengnya sudah ada sejak abad ke-7 sehingga menjadikannya sebagai bangunan tertua di Kyusu.

Kanzeonji fukuoka4Meskipun sudah banyak bangunan yang hilang, kanzeonji masih menyimpan beberapa peninggalan masa silam dari periode Nara dan Heian. Beberapa patung Budha berukuran besar masih bisa ditemukan disini. Patung tersebut sebelumnya diletakkan di lorong-lorong kuil namun kini ditempatkan di Treasure Hall, sebuah bangunan yang kokoh terbuat dari beton (dibangun pada 1950). Sementara bangunan lain yang terletak hanya beberapa langkah dari Kanzeonji ialah Kaidanin Hall yang juga telah ada sejak periode Nara. Dulunya, Kaidanin ini menjadi salah satu dari tiga kuil Jepang yang dijadikan tempat penahbisan Budha

Tertarik untuk kesini? Cukup mudah untuk sampai ke Kanzeonji Temple ini, cukup berjalan kaki selama 20 menit dari Stasiun Dazaifu atau 15 menit dari Stasiun Gojo. Kuil ini juga dilayani oleh bus yang berjalan antara Dazaifu dan Tofuromae.

Jam buka: setiap waktu
Biaya: gratis

Klik Objek Wisata Fukuoka lainnya.

Selamat berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>