Festival setsubun

Jepang ialah negara yang sangat menghargai dan mempertahankan segala bentuk tradisi peninggalan nenek moyangnya. Banyak sekali festival atau perayaan yang kerap digelar di Jepang. Setsubun yang sering disebut sebagai masa menjelang musim semi, merupakan salah satu festival yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Festival setsubun2

Festival Setsubun atau Festival Musim Semi ini biasanya dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 3 Februari. Festival ini sangat erat kaitannya dengan Tahun Baru Imlek—tahun barunya bangsa China yang juga dirayakan di Jepang—Setsubun bisa dikatakan sebagai “malam tahun baru” sehingga banyak warga Jepang yang menggelar ritual khusus untuk memanjatkan doa guna membersihkan segala bentuk kejahatan dan mengusir aneka jenis penyakit. Ritus khusus tersebut biasanya disebut dengan Mamemaki.

Festival setsubun3Ritus Mamemaki pertama kali muncul di masa Muromachi. Ritus ini terutama harus dilakukan oleh Toshiotoko yakni keluarga yang memiliki anak laki-laki yang lahir di tahun binatang sesuai dengan zodiak China. Dalam prosesi tersebut, kedelai panggang biasanya akan dibuang keluar pintu, disertai anggota keluarga menggunakan Oni (atau topeng setan). Perayaan tersebut sudah lazim dilaksanakan secara pribadi yang hanya melibatkan anggota keluarga. Sedangkan bagi mereka yang ingin merayakannya dengan banyak orang maka harus pergi ke kuil yang biasanya menyelenggarakan perayaan tersebut.

Festival setsubun4Anda sebagai pendatangpun bisa ikut merayakan Festival Setsubun dengan pergi ke kuil-kuil yang biasa merayakan festival tersebut. Nantinya, pengunjung dengan dipandu oleh imam kuil akan melemparkan kacang kedelai panggang, permen, beberapa amplop kecil yang diisi dengan uang, dan hadiah lainnya. Di beberapa kuil besar, bahkan acara akan dihadiri oleh selebritis dan pegulat sumo serta disiarkan televisi nasional. Biasanya ketika perayaan berlangsung akan banyak orang yang datang untuk memperebutkan hadiah yang dilemparkan ke atas—seperti dalam acara saweran.

Andapun bisa ikut memperebutkan hadiah saweran tersebut dengan larut dalam jubelan banyak orang tersebut!

Klik Objek Wisata Osaka lainnya.

Selamat berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>