NYK hikawamaru exhibiton

Bila di Indonesia terdapat Monumen Kapal Selam di Surabaya, maka di Yokohama juga terdapat museum kapal yang menarik untuk di dikunjungi yakni NYK Hikawamaru Exhibits Yokohama. Nama tersebut diambil dari sebuah kapal bernama Hikawamaru yang dibuat di galangan kapal Yokohama dan pernah difungsikan sebagai kapal penumpang. Namun semenjak tahun 1960-an kapal tersebut dipensiunkan dan difungsikan sebagai museum sekaligus pameran yang dibuka untuk masyarakat umum.

NYK hikawamaru exhibiton2Kapal Hikawamaru yang menjadi ikon NYK Hikawamaru Exhibits Yokohama dibangun pada tahun  1930 di galangan Yokohama. Kapal ini diperuntukkan Kabushiki Kaisha Nippon Yushen sebagai kapal kargo sekaligus kapal pesiar yang mewah. Hikawamaru awalnya memiliki jalur operasi melintasi Yokohama dan Seattle. Namun pada Perang Dunia II diubah menjadi kapal rumah sakit untuk korban perang. Selanjutnya kapal ini menjadi satu – satunya kapal penumpang terbesar yang dimiliki oleh Jepang saat itu.

NYK hikawamaru exhibiton3Setelah Perang Dunia II, Hikawamaru kembali menjadi kapal pengangkut. Hingga akhirnya dipensiunkan pada tahun 1961 dan ‘pulang’ ke rumahnya, Yokohama. Kapal ini tidak terbengkalai, namun dijadikan ikon wisata yang bahkan menjadi aset budaya Yokohama sebagai NYK Hikawamaru Exhibits Yokohama yang dikelola oleh NYK & NYK Maritime Museum. Saat ini pengunjung diperbolehkan melihat interior Hikawamaru dengan membayar tiket masuk seharga kurang lebih 200 yen Jepang.

NYK hikawamaru exhibiton4Apa saja yang  bisa didapatkan pengunjung di NYK Hikawamaru Exhibits Yokohama tersebut? Banyak sekali, di antaranya menapaktilasi sebuah monumen terapung yang telah berlayar melintasi lautan pasifik sebanyak 254 kali. Hikawamaru telah membawa lebih dari 25 ribu penumpang dan berton – ton muatan. Bahkan konon Charlie Chaplin pun pernah menggunakan kapal ini untuk perjalanan lautnya.  Selain itu pengunjung bisa menikmati pemandangan sekaligus angin laut yang khas di bagian dek kapal, berfoto di antara mesin kapal atau mengagumi desain interiornya. Hikawamaru sudah menjadi kebanggaan sekaligus bukti kejayaan Jepang selama beberapa dekade.

Tak heran ketika menjadi ikon di NYK Hikawamaru Exhibits Yokohama pun banyak sekali pengunjung yang datang untuk menyaksikan kegagahan dan sisa – sisa kejayaan Hikawamaru.

Klik Objek Wisata Yokohama yang lainnya.

 Selamat berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>