taishoya kimono shop hiroshima

Jika Anda tengah mengunjungi Taishoya Kimono, simak fakta menarik sejarah Taishoya Kimono Shop Hiroshima. Toko Taishoya dulunya menempati lokasi di Saiku-machi Osaka, namun kemudian berpindah ke gedung baru di Hiroshima tahun 1929 dengan desain modern dan struktur beton pada sebagian besar bangunan yang terbuat dari kayu. Dari atap bangunan Taishoya Kimono,  bisa terlihat pemandangan luar kota yang indah. Namun toko kimono Taishoya dipaksa ditutup atas perintah Control Ordonansi Tekstil pada bulan Desember 1943, dan oleh Hiroshima Prefecture bangunan toko kimono diakuisisi saat terjadi pengeboman besar-besaran.

taishoya kimono shop hiroshima2

Mengenang sejarah Taishoya Kimono Shop Hiroshima berawal ketika bom meledak di gedung ini dan menghancurkan bangunan gedung, mulai dari atap hingga interior, semuanya habis terbakar kecuali ruang bawah tanah (basement). Saat itu ada tiga puluh tujuh orang yang bekerja di gedung Taishoya, delapan mampu melarikan diri keluar dari bangunan meskipun kemudian mengalami dan tidak tertolong lagi. Akhirnya semua orang mati, kecuali satu pria yang saat itu tengah mengambil dokumen di ruang bawah tanah selamat dari pengeboman. Orang tersebut baru meninggal pada bulan Juni 1982.

taishoya kimono shop hiroshima3Setelah perang, untuk mengenang sejarah Taishoya Kimono Shop Hiroshima, pemerintah kota Hiroshima membeli bangunan dan mendirikan kantor pemulihan pascaperang di dalamnya setelah memperbaiki bangunan yang rusak berat. Ruang bawah tanah dibiarkan sebagaimana saat bom meledak. Rest House di Peace Memorial Park kemudian didirikan tidak lama setelah Taishoya Kimono selesai dibangun. Taishoya Kimono Shop terletak di 1-1 Nakajima-cho, Naka-ku, hanya berjarak sekitar 170 m dari Hypocenter. Dulu toko kimono ini juga dikenal dengan nama Fuel Hall. Bangunan tiga lantai yang pertama kali dibangun tahun 1929 ini saat ini dijadikan sebagai salah satu monument untuk memperingati pemboman Hiroshima.

Lantai satu bangunan digunakan sebagai Rest House, sedangkan lantai dua dan tiga merupakan kantor. Lantai dasar atau basement tetap dipelihara kondisinya sebagaimana seperti pada saat terjadinya pengeboman. Anda dapat berkunjung di sini dengan pemberitahuan terlebih dahulu.

Klik Objek Wisata Hiroshima yang lainnya.

Selamat berkunjung!

Tags: ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>