Jika Anda penggemar minuman beralkohol maka tentu saja sudah tak asing lagi dengan yang namanya sake. Nah di Kyoto Anda dapat berkunjung ke museum sake yang bernama Gakkeikan Okura Sake. Gakkeiken sendiri merupakan sebuah perusahaan sake yang telah berumur lebih dari 400 tahun.

Sake yang dibuat oleh perusahaan ini berkualitas terbaik dengan banyak variannya. Bukan hanya sake yang dihasilkan perusahaan ini melainkan juga minuman yang mengandung alkohol lainnya seperti wine yang dibuat dari buah plum. Ketika memasuki area museum ini maka Anda harus segera menyelesaikan proses administrasi. Setelah itu, baru Anda bisa mulai menjelajahi keseluruhan koleksi yang ada didalamnya. Hal pertama yang akan Anda lihat adalah kantor kuno. Di ruang ini terpajang alat-alat yang digunakan di dalam kantor Gekkeikan zaman dahulu seperti buku besar, mesin kasir, timbangan, hingga pemanas berbahan bakar arang lengkap dengan logo perusahaan di setiap barang-barang tersebut.

Setelah memasuki kantor lama Gekkeikan maka Anda akan dibawa ke ruangan pameran. Museum ini sendiri memiliki dua ruangan pameran dimana setiap ruangannya memiliki ciri khas masing-masing. Ruangan yang pertama memamerkan aneka alat yang digunakan untuk membuat sake tradisional dari pelbagai zaman.  Di sini Anda dapat menemukan tong fermentasi, mesin penanak nasi tradisional yang masih menggunakan kayu sebagai bahan bakar, hingga rekaman dari lagu yang biasanya dinyanyikan oleh para pembuat sake zaman dahulu.

Di ruang pameran kedua atau Exhibition Hall 2, Anda dapat melihat alat-alat pembuat kemasan sake tradisional mulai dari tong kayu hingga botol keramik. Selain itu, di ruang pameran kedua ini Anda juga dapat melihat produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini dari berbagai generasi, dan juga foto-foto serta ilustrasi yang menggambarkan perubahan yang terjadi di area Fushimi. Dan masih banyak hal lainnya yang dapat Anda telusuri ketika berkunjung ke museum sake ini!

Telp : 075-623-2056
Jam operasional : 09.30-16.30. Tutup setiap libur tahun baru dan saat perayaan Obon festival (bulan Agustus).
Harga tiket : ¥300* (dewasa), ¥100* (usia 12-17 tahun), free (usia 0-11 tahun)

Lokasi

Gekkeiban Okura Sake Museum berlokasi di 247 Minamihama-cho, Fushimi-ku, Kyoto, Jepang.

Klik Objek Wisata Kyoto yang lainnya.

Selamat berkunjung!

Tags: , , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>