Japanese Sword Museum merupakan salah satu tempat bercitarasa sejarah yang perlu Anda kunjungi, tertuma Anda yang senang dengan segala hal yang berbau samurai. Iya, museum ini memang museum yang bertemakan koleksi benda-benda bersejarah semisal pedang (samurai). Museum ini dibangun bertujuan untuk melindungi pelbagai senjata tradisional Jepang dari kerusakan, kehilangan, kepunahan dan lainnya.

Sebagaimana diketahui warga Jepang sangat identik dengan senjata tradisional, terutama pedang. Pedang bagi mereka bukan hanya sebagai senjata namun juga dianggap memiliki keindahan dan nilai filosofis yang mendalam. Nah, pergeseran terjadi dimana yang tadinya pedang dianggap sebagai senjata ansich, kemudian fungsinya beralih menjadi benda seni yang dihasilkan dari sebuah proses pembuatan yang rumit.

Makanya itu, kemudian dibentuklah Society for The Preservation of Japanese Art Swords pada 24 Februari 1948 untuk melindungi pedang-pedang Jepang tersebut. Bukan hanya itu, proses pembuatannya pun dianggap sebagai aset budaya nasional yang harus dilindungi. Kemudian menyusul pendirian museum ini pada 25 Mei 1968. Gedung ini memiliki ketinggian 4 lantai yang menyimpan banyak koleksi pedang didalamnya. Di lantai dasarnya, setiap pengunjung akan berkesempatan untuk melihat proses pembuatan pedangnya. Oia, sebelum menelusuri keseluruhan museum ini sebaiknya Anda membawa dulu pamflet yang akan memandu Anda untuk mengenali seisi museum. Pamflet tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Banyak koleksi pedang yang dibuat oleh para jagoan bisa ditemukan disini seperti pedang karya Nobuyoshi, Kuniyuki dan Nobufusa yang dianggap sebagai masternya pedang. Beberapa pedangnya bahkan ada yang berasal dari tahun 1300-an. Masing-masing koleksi pedang yang ada disini sudah dilengkapi dengan keterangan nama, pembuatnya, tahun dan tempat membuatnya. Bahkan sebagian koleksi yang lainnya sudah dicantumkan keterangan sejarah,  yang sayangnya kebanyakan menggunakan bahasa Jepang.

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 10.00-16.30 (penjualan tiket terakhir pukul 16.00), tutup setiap hari Senin atau Selasa (jika Senin adalah hari libur nasional).
Tiket masuk: ¥600* (dewasa), ¥300* (pelajar), gratis bagi usia 15 tahun ke bawah.

Lokasi

Japanese Sword Museum berlokasi di 4-25-10 Yoyogi, Shibuya, Tokyo, Jepang.

Klik Objek Wisata Tokyo lainnya.

Selamat berkunjung!

Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>