Puisi merupakan bentuk perasaan yang tertulis. Puisi ialah imaji dan estetika yang sedang dirasakan oleh pembuatnya. Setiap orang, sejatinya, memiliki perasaan yang bisa dijadikan puisi karena didalam tiap-tiap jiwa memiliki nurani dan keindahan. Puisi ialah sebentuk perwakilan perasaan yang bisa dituangkan dalam bentuk kata-kata supaya diketahui oleh banyak orang.

Mengenai puisi Jepang, ialah bentuk paling penting dari proses kebudayaan yang telah dibaca oleh berbagai seniman puisi dari seluruh dunia. Puisi Jepang merupakan bentuk dari kekayaan budaya dan tradisi yang sudah berumur ribuan tahun lalu dan telah ada sejak abad ke-8. Puisi Jepang masa-masa awal belumlah memiliki bentuk tetap sebagaimana bentuk puisi yang sekarang ada.

Bentuk dari puisi Jepang yang paling terkenal diseluruh dunia ialah haiku dan juga senryu. Dimasa lalu, sebagian besar puisi di Jepang telah ditulis dengan menggunakan bahasa China. Kala itu, para penyair Jepang dikabarkan sangat terpesona ketika pertama kali “bertemu” dengan puisi-puisi dari China yang kemudian mereka adopsi sampai akhirnya mencapai puncaknya pada masa Dinasti Tang. Butuh waktu yang cukup lama bagi para penyair Negeri Sakura untuk kemudian memiliki bentuk puisinya sendiri yang merupakan hasil adaptasi dari puisi-puisi China dan juga dari Barat. Waka dan Kanshi merupakan karya Jepang yang ditulis dalam bahasa China dan merupakan dua pilar terbesar dalam sejarah puisi Negeri Sakura.

Pasca itu, kemudian berkembang tren baru puisi di Jepang yang sudah menggeliat pada medio abad ke-19. Adapun bentuk utama dari puisi Jepang saat ini ialah puisi eksperimental dan puisi yang berusaha menghidupkan kembali tradisi. Beberapa penyair Jepang yang dianggap penting karena kualitas karya-karyanya seperti Yosano Akiko, Masaoka Shiki, Santoka, Takamura Kotaro, Ishikawa Takuboku, Hagiwara Sakutaro, Kenji Miyazawa, Noguchi Yonejiro, Tanikawa Shuntaro dan Tomobe Masato. Anda salah satu orang yang menyukai kesenian, khususnya membaca puisi, bisa belajar dari para penyair dari Jepang ini!

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Selamat Berkunjung!

 

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>