Hal yang mesti diperhatikan ketika akan mengadakan kunjungan ke suatu daerah atau negara selain mengetahui tempat-tempat wisata di daerah tersebut, booking hotel, tempat-tempat kuliner maupun oleh-olehnya, juga urgen untuk mengetahui sistem transportasinya. Di Jepang, sebagaimana diketahui bahwa yang menjadi moda transportasi utamanya ialah kereta api. Jenis transportasi ini banyak digunakan oleh warga Jepang karena memiliki sejumlah keunggulan dalam hal ketepatan waktu, ongkos yang murah dan juga fasilitas serta pelayanannya yang prima—berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Bagaimana dengan para wisatawan? Biasanya mereka selain menggunakan kereta api untuk menunjang aktifitas kepariwisataannya juga menggunakan bus. Dengan menggunakan kereta api memang keuntungannya bisa menghemat waktu. Namun bukan hanya itu yang ingin didapatkan oleh wisatawan, melainkan juga pengalaman bertransportasi lainnya selain memakai kereta api. Dan pilihan menggunakan bus ialah alternatif yang sangat baik mengingat dengan menggunakan bus yang notabene memiliki lajur ke kawasan perkotaan bisa sekalian menyaksikan hiruk-pikuk kehidupan sosial dan ekonomi di berbagai kota di Jepang.

Dengan memakai bus maka Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata di Jepang yang indah  dan tak akan terlupakan. Begitu juga dengan biaya menggunakan bus akan lebih hemat sekitar 20 – 50% dibandingkan jika menggunakan kereta api supercepat. Berbicara bus di Jepang jangan membayangkan seperti bus-bus di Jakarta atau di kota-kota negara berkembang lainnya karena busnya sangat juah berbeda. Selain soal ketepatan waktunya, bus di Jepang sudah dilengkapi dengan minuman, selimut, telepon, televisi, toilet sehingga Anda bisa bersantai dan sangat nyaman sekalipun harus menempuh perjalanan yang panjang.

Bus Lokal

Selain bus yang menghubungkan antar prefektur, ada juga bus kecil yang biasanya digunakan di kota-kota kecil seperti Kyoto atau di pinggiran pedesaan. Bus kecil ini biasanya digunakan untuk menyambung setelah naik kereta api atau kereta bawah tanah untuk mencapai tujuan berikutnya. Dan bus tersebut akan mengantarkan setiap penumpangnya ke daerah tujuan yang biasanya di daerah-daerah kecil atau terpencil. Kalau di Indonesia, mungkin sama dengan angkutan kota (angkot).

Klik berbagai informasi Jepang lainnya!

Selamat Berkunjung!

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>